Maret 13, 2021

Contoh Majas Simile
ayus sabyan pagar makan tanaman
Minat baca di Indonesia ibarat mengalami kemarau panjang, kering sekali. Apalagi ditambah data dari UNESCO yang menyebutkan Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah soal literasi dunia. Data UNESCO menyebutkan bahwa minat baca Indonesia perbandingannya 1 banding 1,000. Atau dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca!

Nah, kalimat di atas mengandung majas simile. Tahu kan ciri dari majas simile?

Majas simile masih termasuk bagian dari majas perbandingan (personifikasi, metafora, eufemisme, metonimia, alegori, sinekdok, simbolik).

Majas Simile memiliki ciri khas yang menyertainya. Ia tak lepas dari kata penghubung; seperti, bagai, bagaikan, bak, ibarat, kayak, laksana, seakan-akan, sebagai, sebagaimana, semacam, seolah-olah, serupa, sesuai, ala, macam, bak, layaknya, laksana, dan sejenisnya.

Majas ini pengungkapannya dengan perbandingan eksplisit (gamblang atau jelas) yang dinyatakan dengan kata penghubung seperti yang disebut di atas. Majas jenis ini salah satu bentuk bahasa kiasan yang paling umum. Majas ini dapat ditemukan di mana saja dari puisi hingga lirik lagu dan bahkan dalam percakapan sehari-hari.

Berikut ini contoh kalimat simile yang diambil dari berita terkini (tahun 2021):

1. Liverpool seharusnya seperti tim sepak bola papan atas lainnya. Maka dari itu penyerang Liverpool, Sadio Mane, masih tak percaya jika timnya sedang mengalami masa sulit di Liga Inggris musim ini.

2. "Ibarat peperangan, perang yang kita lakukan adalah perang yang dibenarkan. Sebuah war of necessity. Sebuah justice war, perang untuk mendapatkan keadilan," kata SBY.

3. Menjaga kestabilan ekonomi dengan membatasi pergerakan masyarakat saat pandemi ibarat simalakama.

4. Gol spektakuler Lionel Messi, bagaikan roket.

5. Hidup nelangsa seakan-akan tahanan di Istana Kerajaan Inggris, Meghan Markle mengaku sempat ingin bunuh diri.

6. Marco Reus menilai Erling Haaland serupa dengan mesin yang selalu lapar mencetak gol.

7. Ramai netizen menyebut mantan personil Sabyan Gambus ibarat pagar makan tanaman.

8. Antena Radar Manduro Kabuh yang berada di Desa Manduro, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, ala kincir angin Belanda.

9. Jalan Rusak di Jember bagaikan penjemput maut kalau kita tak hati-hati dalam berkendara.

10. Virus corona laksana malaikat pencabut nyawa bagi kalangan rentan.

Nah, itulah contoh-contoh kalimat yang mengandung majas simile.

Gemar menulis dan membaca dua aktivitas ini yang menjadi kendaraan saya menjadi penulis, untuk menambah kenalan di Tanah Air maupun luar negeri, yang punya passion sama dibidang literasi.

1 Comment:

  1. Baca point yang nomor 10 kok ngeri sendiri yaa . Semoga kita semua sehat terus

    BalasHapus

Contact

Kirim saya Email

Hubungi

ContactInfo

Secara etimologis, kata literasi (literacy)berasal dari bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah orang yang belajar. Literasi erat hubungannya dengan proses membaca dan menulis. Namun, seiring berjalannya zaman, literasi mengalami perkembangan definisi yang baru, diantaranyaliterasi sains,literasi digital,literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan. Khusus di website ini, membahas tentang literasi baca dan tulis atau manfaat berjejak hidup lewat kata.

Alamat:

Jln. Sunan Bonang No. 42A, Jember.

Phone:

+62 812 3254 8422

Email:

admin@mediapamungkas.com