Februari 27, 2021

Ambidextrous, Bakat Menulis dengan Kedua Tangan Bersamaan
kemampuan unik
Jika mendengar istilah mengetik dengan sistem sepuluh jari mungkin bagi kita sudah biasa. Namun, saat menyibak majalah infiniti, edisi ke-53, saya terkejut melihat sub bab "Menulis dengan Kedua-dua Tangan Serentak". 

Kalau dilihat-lihat tidak ada apa yang istimewa mengenai gadis ini. Tetapi, jika Anda berpeluang melihat aksi gadis ini menulis, pasti Anda akan kagum dan keheranan.

Ini karena dia mempunyai satu kelebihan yang sangat unik dan pasti tidak dimilik oleh orang lain, kecuali langka sekali, yakni bisa menulis dengan menggunakan kedua tangan dengan serentak.

Bakat gadis bernama Chen Siyuan yang berasal dari wilayah Hebei, utara China ini bukannnya datang dari hasil latihan bertahun-tahun. Sebaliknya dia justru sadar dia ada kelebihan seperti itu ketika masih sekolah menengah.

Menurut penuturannya, pada suatu hari waktu di bangku sekolah menengah, dia lupa mengerjakan pekerjaan rumah dari dua mata pelajaran. Dalam keadaan terdesak itu dia secara tidak sengaja menggunakan kedua tangannya untuk bergerak karena ingin menghematkan waktu.

Teman-teman sekelasnya yang melihat aksi Chen menulis dengan kedua tangannya itu terkagum-kagum dan merasa melihat kemustahilan terjadi. Ada beberapa orang yang meniru Chen, tapi tak satupun berhasil menulis dengan kedua tangan.

Fenomena Chen tersebar di kelas-kelas lainnya, tak percaya mendengar berita jika seseorang menulis dengan kedua tangannya dan berhasil seratus persen dengan cepat dan tepat. Tetapi setelah mereka melihat sendiri keterampilan Chen menulis dengan kedua tangannya, mereka keheranan.

Chen, yang saat ini telah memiliki gelar sarjana Bahasa Inggris dan kini berprofesi sebagai penerjemah bisa menulis dua bahasa yang berbeda ada waktu yang bersamaan seperti bahasa China dan bahasa Inggris. Tentunya kebolehan ini memudahkan dirinya bekerja sebagai seorang penerjemah.

Tidak cukup itu saja, Chen bahkan cakap menulis secara vertikal dengan sebelah tangan dan secara horizontal dengan tangan satunya lagi. Sebab menulis bait-bait puisi biasanya dari arah yang berbeda.

kemampuan unik
Menulis dengan dua tangan sekaligus (photo: www.dailymail.co.uk)

Mungkin pembaca di sini akan bertanya-tanya bagaimana Chen bisa menggunakan kedua tangannya untuk menulis? Menurut sains, keterampilan istimewa yang dimiliki Chen ini disebut dengan ambidextrous, yaitu kesanggupan seseorang menggunakan kedua tangan dengan baik secara alami.

Tetapi, sebagai catatan, kebolehan menggunakan kedua tangan dengan baik itu jarang ditemukan kepada manusia lainnya. Hasil kajian diperoleh hanya satu persen manusia di dunia ini yang serentak bisa menggunakan kedua tangannya dan Chen adalah salah satu individu yang mempunyai kemampuan unik tersebut.

Dalam era teknologi masa kini, mungkin kelebihan menulis dengan kedua tangan serentak ini tidak begitu bernilai, tapi kemampuan Chen ini tetap dianggap luar biasa.



Sumber referensi infiniti edisi ke-53

Gemar menulis dan membaca dua aktivitas ini yang menjadi kendaraan saya menjadi penulis, untuk menambah kenalan di Tanah Air maupun luar negeri, yang punya passion sama dibidang literasi.

10 Comment:

  1. Hebat ya, bisa nulis pake kedua tangan. Saya aja nulis pake kiri nggak pernah bisa.. 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woo, mau jadi orang kiri nih bapaknya....heheh

      Hapus
  2. Wawww kerenn juga insting yang harus dibangun

    BalasHapus
  3. Bagus artikelnya, mutu
    Banyak juga...
    Boleh mampir kesini buat kritik.. ditempel.com.... 😁

    BalasHapus
  4. Orang jepang ya,
    Hebat anugerah dari tuhan memang itu

    BalasHapus

Contact

Kirim saya Email

Hubungi

ContactInfo

Secara etimologis, kata literasi (literacy)berasal dari bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah orang yang belajar. Literasi erat hubungannya dengan proses membaca dan menulis. Namun, seiring berjalannya zaman, literasi mengalami perkembangan definisi yang baru, diantaranyaliterasi sains,literasi digital,literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan. Khusus di website ini, membahas tentang literasi baca dan tulis atau manfaat berjejak hidup lewat kata.

Alamat:

Jln. Sunan Bonang No. 42A, Jember.

Phone:

+62 812 3254 8422

Email:

admin@mediapamungkas.com